Selamat Datang di Blog Rita Andriani Sitorus. Semoga Artikel yang saya buat dapat menambah pengetahuan anda sekalian

Omong-Omong Sastra

Omong-omong Sastra (OoS) adalah organisasi sastra yang bersifat informal dan kekeluargaan. Organisasi ini berdiri pada tahun 1976 yang digagasi oleh A. Zaini Nasution, Shafwan Hadi Umry, Yudhi Harsoyo, Damiri Mahmud, Herman K.S., N.A. Hadian, dan Abdi Kudus di Jalan Kesawan Medan. Ide pemunculan OoS karena perlu adanya perkumpulan sastra yang bersifat kekeluargaan.

Kegiatan dilakukan tidak ubahnya seperti arisan yang dilaksanakan satu atau dua bulan sekali. Dalam pertemuan tersebut, kegiatan ini membicarakan perkembangan sastra dan hasil-hasil karya sastra di Sumut. Acara dilakukan dalam bentuk diskusi sastra dan tanpa mengenyampingkan pembacaan puisi pada setiap pertemuan.

Tujuan pertemuan ini untuk merangkul sastrawan Sumut dan mengeratkan silaturahmi antarsastrawan dan hasil pertemuan ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas sastrawan di Sumut. Karena forum ini merupakan perkumpulan sastrawan bersifat kekeluargaan dan tidak bersifat resmi, kegiatannya hanya dari rumah ke rumah sehingga tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

Tahun 2018, OoS digelar di Rumah Peradaban Rantauprapat (Januari), STKIP Budi Daya Binjai (Maret), Medan/Fokus (Juli), dan TBSU/Jaya Arjuna-Sanggar GENERASI (November).

Tahun ini (2019), OoS akan berlangsung di Jalan Kolam (Ujung)  Nomor 7, Medan Estate, Deliserdang, Minggu 24 Februari 2019 pukul 09.00--14.00 WIB, dengan tuan rumah Balai Bahasa Sumatra Utara. Bertindak sebagai pemateri/narasumber adalah sastrawan tiga generasi, yaitu Siamir Marulafau, Tsi Taura, dan Tiflatul Husna.

Sebagaimana yang sudah-sudah, OoS diselingi penampilan sastra, bisa pembacaan puisi, musikalisasi puisi visualisasi puisi. Berkait itu, panitia OoS Balai Bahasa Sumatra Utara mengundang kehadiran Tuan/Puan. Untuk memeriahkan Omong-omong Sastra Minggu 24 Februari 2019 di Balai Bahasa Sumatra Utara adalah sebagai berikut.
1. Titan Sadewo (Fokus)
2. Desi Anggriani (LKK Unimed)
3. Komunitas Rumput 
    Hijau (SMA 2 Binjai)
4. Marina Novianti
5. Sanggar GENERASI
6. Korsas Unimed
7. Sanggar KOMKE dan LKT UISU
8. Aishah Basar
9. Juhendri Chaniago (KSI Medan)
10. Anak-Anak Teater Rumah Mata
Penampilan di selang-seling selama acara diskusi.

Salam sastra selalu.

0 Response to "Omong-Omong Sastra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel