Selamat Datang di Blog Rita Andriani Sitorus. Semoga Artikel yang saya buat dapat menambah pengetahuan anda sekalian

IGI Deliserdang menerbangkan Guru-Guru ke Awan dengan Workshop Sagusampe


Hari ini Minggu, 16 Desember 2018 di Aula SMA Negeri 1 Tanjung Morawa, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Deli Serdang menyelenggarakan Workshop SAGUSAMPE (Satu Guru Satu Media Penyimpanan) yang merupakan salah satu Kanal Pelatihan dari 87 Kanal Pelatihan IGI. Kegiatan dimulai pukul 08.30 . Workshop ini diikuti oleh 84 Guru Pembelajar Hebat yang berasal dari Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjung Balai dan Karo. Guru yang mengikuti Workshop ini dari berbagai jenjang Guru SD, SMP, SMA/SMK dan Pengawas Sekolah.


Acara dimulai oleh MC. Sriani Purwaningsih, S.Pd, Kata Sambutan Ketua Panitia oleh Muhammad Irwan Nasution, S.Pd yang melaporkan bahwa peserta Workshop dibatasi 80 peserta saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal sedangkan pendaftar di hari terakhir sebanyak 105 orang, panitia konsekwen dengan peserta yang telah transfer di tanggal dan jam yang telah ditetapkan, setelah mendapatkan 80 peserta yang transfer link langsung ditutup. Ke 80 peserta workshop didampingi oleh 4 mentor yaitu Muliadin Harahap, MM., Abdi Eka Tarigan, S.Pd dan Kartini Karpadia, S.Pd. Masih banyak sebenarnya yang ingin meminta ikut Workshop SAGUSAMPE hari ini. Untuk itu IGI Kabupaten Deli Serdang kemungkinan akan menyelenggarakan lagi Workshop SAGUSAMPE yang ke-2.


Selanjutnya Pembukaan Acara secara resmi oleh Ketua IGI Deliserdang Rita Andriani Sitorus, S.Sos. Setelah membuka acara workshop secara resmi Sesi I dimulai dengan materi Profesi Guru dan Organisasi Profesi Guru oleh Rita Andriani Sitorus, S.Sos. Inti dari materi ini membahas tentang peran guru, guru sebagai profesi dan organisasi profesi guru menurut UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Selain itu Rita Andriani Sitorus juga memaparkan tentang Ikatan Guru Indonesia (IGI) sebagai organisasi profesi yang diakui pemerintah. Ketua IGI DS tersebut menjelaskan tentang profil IGI,peran IGI, visi, misi dan 87 Kanal Pelatihan IGI untuk meningkatkan kompetensi guru. Rita Andriani Sitorus,S.Sos sebelum memberikan Materi Sesi I :Profesi Guru dan Organisasi Profesi Guru mengatakan ” Siapa yang berani mengajar, jangan pernah berhenti Belajar”., teruslah berproses dan jangan pernah merasa matang karena fase setelah matang adalah busuk. Dan Bapak/Ibu Guru yang telah sudi meluangkan waktunya di hari Libur seperti saat ini untuk hadir mengikuti Workshop SAGUSAMPE dengan dana mandiri merupakan Guru-guru Pembelajar yang hebat.

Selanjutnya masuk Sesi II dengan pemateri Bapak Muliadin Harahap, MM yang sekaligus Founder SAGUSAMPE dan Ketua IGI Wilayah Sumatera Utara menyampaikan Materi tentang memahami Cloud Storage dan fungsinya. Di Sesi II ini dilaksanakan juga Praktek Penggunaan Cloud Storage. Dan setelah Istirahat, Makan Siang dan Sholat dilanjutkan dengan materi Praktek berikutnya yaitu : Praktek Penggunaan Aplikasi Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Photo, dan QR & Barcode Scanner. Peserta di bagi ke dalam 4 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi 1 orang mentor. Tim Mentor SAGUSAMPE dari IGI Kabupaten Karo yaitu ABDI EKA TARIGAN dan KARTINI KAPADIA Br SEMBIRING dan Muhammad Irwan Nasution yang merupakan Alumni Workshop SAGUSAMPE IGI Karo. Antusias peserta sangat tinggi dalam mengikuti workshop ini, semua mengerjakan tugas yang diberikan melalui android dan laptop. Ting tung ting tung setoran tugas masuk ke wa group sagusampe selama workshop dan ditayangkan di layar proyektor.


Tepat pukul 17.00 WIB acara workshop SAGUSAMPE Deli Serdang Kelas IN atau Live selesai dan selanjutnya ada 5 Tugas yang akan dikerjakan oleh peserta Workshop secara Online. Nilai tugas online tersebut adalah 20 Jam. Sedangkan nilai total yang akan tercantum pada Sertifikat Workshop SAGUSAMPE Deli Serdang adalah 34 Jam. Sertifikat Workshop SAGUSAMPE Deli Serdang dilengkapi dengan QR Code. Sehingga apa bila peserta tidak mengikuti tahapan sampai selesai dan tuntas tugas-tugasnya maka nama peserta akan dihapus dari daftar peserta yang telah dibuat dalam bentuk QR Code atau barcode.
Jika kelas IN dilaksanakan pada Minggu, 16 Desember 2018, maka Kelas Online akan berlangsung mulai besok, Senin 17 Desember sampai 22 Desember 2018.Telah disepakati antara Founder, Tim Mentor dan Peserta bahwa kelas Online akan dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

0 Response to "IGI Deliserdang menerbangkan Guru-Guru ke Awan dengan Workshop Sagusampe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel